Uncategorized

Seoul, Atlanta, Toronto, Ottawa, Niagara Falls (44)

Jakarta – Seoul

Penerbangan dari Jakarta ke Soul menggunakan flight Delta Air dimana operator pesawatnya adalah Korean Air. Booking tiket pesawat dengan Tiket.com. Pengalaman booking pesawat Delta Air dengan tiket.com jika ada perubahan jadwal atau cancellation akan sulit mengurus dan mendapatkan refund walaupun tertulis di website nya refundable. Jika terjadi perubahaan penumpang harus proaktif yang follow up ke airline nya, case disini langsung menghubungi Delta Air. Selain itu Delta Air juga tidak menggunakan pesawat Delta Air sendiri kecuali penerbangan dari US ke Canada. Penerbangan dari Indonesia lewat Seoul sampai ke US menggunakan Korean Air, sehingga lebih baik jika pesan tiket melalui operatornya langsung disini Korean Air, biasanya Maskapai operator tampak pada booking information. Memang saat itu tiket.com paling murah namun alangkah lebih nyamannya mengeluarkan sedikit lebih banyak uang tetapi segala urusan dibelakang mudah, pesan tiket melalui traveloka daripada tiket.com. Dimana segala refund itu akan diuruskan dengan cepat oleh pihak Traveloka.

Seoul – Atlanta

Sebelum sampai ke tujuan utama yaitu Canada, saya Irka Darojat transit di Atlanta, saat itu saya memang dengan sengaja melakukan transit di Atlanta karena ingin melihat-lihat suasana di sana sehingga tidak memilih langsung ke Canada. Selain tambah pengalaman, harga tiket ke Canada dengan transit di Atlanta itu lebih murah.

Namun bagi teman-teman yang belum memiliki visa Amerika yang rata-rata umur visanya itu 5 tahun, jangan transit melalui Amerika karena akan tertahan di bandara Amerika. Semua orang yang landing di tanah US wajib mempunyai visa walaupun hanya sekedar transit.

Waktu tunggu di Atlanta lumayan luang sekitar 4 jam sehingga saya bisa jalan-jalan dulu cari makanan. Macam-macam makanan di Airport, ada Asian food, Brazilian food, Fast Food dll.

Atlanta – Toronto

Jarak tempuh Atlanta ke Toronto itu hanya satu jam saja seperti Jakarta ke Jogjakarta. Penerbangan ini menggunawan pesawat kecil yang dimiliki oleh Delta Air.

Toronto – Ottawa

Toronto ke Ottawa mengggunakan transportasi darat Canada Rail Link yang menghubungkan antar District. Saya memilih kereta karena pengalaman yang didapatkan lebih banyak dan waktunya lebih panjang untuk melihat lebih banyak hal seperti melihat danau disepanjang perjalanan kereta dan juga bertemu banyak orang untuk berbicara dan mengenal karakter orang lain dari berbagai negara.

Ottawa – Toronto

Dari Ottawa ke Toronto saya mencoba naik Greyhound bus, lama waktu yang dibutuhkan hampir 8 jam atau 2 kali dari waktu tempuh kereta. Tiket bus ini jauh lebih murah dibandingkan kereta dan pesawat. Hanya sekitar Rp 250,000. Walaupun bus murah tetap nyaman-nyaman saja walaupun agak sempit memang. Namun fasilitas heater, colokan listrik dan wifi di dalam bus ada, selain itu juga ada internal kamera untuk keamanaan di dalam bus. Bus berangkat tengah malam dan transit disebuah rest area jam 3 pagi. Di rest area ini cari minuman Americano Spice with Honey dan cemilan hangat aroma cengkeh dengan isian yang khas Canada di Tim Hortons.

Toronto – Niagara

Niagara – Toronto

Toronto – Las vegas

Las Vegas – Seoul

Seoul – Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.